PUI Mangrove USU

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melalui skema Profesor Mengabdi Non PNBP USU di Desa Perlis, Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melalui skema Profesor Mengabdi Non PNBP USU di Desa Perlis, Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Kegiatan PKM ini diketuai oleh Prof. Mohammad Basyuni, Ph.D (Fakultas Kehutanan) dengan Anggota Prof. Dr. Irvan (Fakultas Teknik), Astrid Fauzia Dewinta, M.Si (Fakultas Pertanian), dan Julia Syahriani Hasibuan, M.Si (Fakultas Pertanian), dan dilaksanakan pada 13 Agustus 2022.
Kegiatan bertemakan restorasi mangrove, penyediaan air bersih dan peningkatan kualitas produk olahan masyarakat Desa Perlis, diikuti oleh kelompok Remaja Masjid Jami’ yang diketuai oleh Dede Zakaria. Berdasarkan hasil survey kondisi ekosistem mangrove di lokasi sudah mengalami kerusakan yang mengakibatkan kesulitan air bersih, sehingga melalui kegiatan restorasi sebagai model pemberdayaan masyarakat ini diharapkan dapat menjadi solusi jangka panjang untuk mitigasi terhadap perubahan iklim dan mengurangi abrasi.
Pada tahap awal (Juni-Agustus) sudah terlaksana 70 persen, kelompok masyarakat sudah membangun bedeng persemaian berukuran 5 x 1 meter yang bermuatan kurang lebih 2000 kantong plastik polybag berukuran 15 x 20 cm, dimana masing-masing kantong memuat satu benih. Di mana rencananya akan diobservasi kembali 2 bulan mendatang untuk melihat perkembangannya sekaligus penanaman di lahan yang mengalami abrasi. Kegiatan sudah terlaksana dalam pembuatan sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air bersih menggunakan mesin kompresor dan pipa PVC, dimana air bersih didapatkan pada kedalaman sumur 100 meter dan dialirkan kepada lebih dari 10 kepala keluarga(KK) sekitar lokasi pengabdian.

Search

Jurnal Terbaru

Berita Terbaru

Translate »